''Petanda dan penanda dalam semiotika''

APA HUBUNGAN BUKU DI DALAM SEMIOTIKA??

Nama : Hardini
Npm : 202146500732

apa itu semiotika ?

  Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang makna dari tanda, dengan menyertakan adanya mitos dan metafora yang bersangkutan dengan tanda tersebut. Konsep-konsep dasar dari semiotika yang dicetuskan oleh Ferdinand de Saussure ini meliputi tanda/simbol, kode, maka, mitos, dan metafora.

   Dalam kehidupan sehari – hari secara tidak kita sadari, ada banyak sekali semiotika atau tanda di sekitar kita. Dari suatu hal yang kecil, bahkan hingga suatu hal yang luar biasa bisa menjadi tanda atau penanda. Sebagai contoh semiotika dalam kehidupan sehari – hari saya adalah buku kesayangan saya ini.

Gambar Buku kesayangan saya
(hardini)

    Kenalin ini Buku tulis Big boss campuss ini adalah buku yang telah menemani saya untuk menulis diary kelah kesuh saya waktu Jaman Sekolah Mengengah pertama (smp). kenapa saya menggunakan buku campus ini ? dikarenakan saya waktu jaman smp itu suka menulis dikelas agar tidak ketahuan ajah sama teman-teman. sebelum akhirnya buku ini kena air hujan yang deras. buku ini adalah ibaratnya saya bisa mencurahkan apapun yang saya alami,Saya saking sayangnya sama buku ini, saya masih simpan sampai saat ini, walaupun dibagian dalem bukunya sudah hampir kuning dan tulisanya sudah banyak yang menghilang, Saya simpan buku tulis ini bukan tanpa alasan, namun kenangan dalam buku ini masih tersimpan.


  Petanda dan penanda (kata lain dari signifie et signifiant) adalah konsep dalam ilmu semiotika yang merupakan ilmu yang mempelajari tanda dan simbol dan penggunaan atau penafsirannya.konsep ini digagas oleh seorang filsuf dan ahli bahasa dari Swiss yang bernama Ferdinand de saussure.di dalam kajian linguistik,ia menjelaskan bahwa suatu tanda tidak hanya ada dalam bentuk citra bunyi tetapi juga dalam bentuk pemahaman. Maka dari itu, ia membagi tanda menjadi dua komponen, yaitu penanda (atau disebut sebagai bunyi)Dan petanda (adalah pemahaman).

    Dalam semiotika yang dipopulerkan oleh Charles Sanders pierce mengemukakan teori segitiga makna atau meaning triangle. Segitiga makna ini berisi dari tiga elemen utama, yakni tanda (sign), object, dan interpretant. Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan sebab-akibat).

   buku tulis saya adalah sebagai contoh semiotika dalam kehidupan sehari – hari. Pada element sign (tanda) kita isi dengan kata atau nama objeknya yaitu “buku Tulis Big boss Campus”. Selanjutnya pada element object (objek) kita isi dengan bendanya atau objeknya sendiri yaitu buku. Berikutnya pada element interpretant (tafsiran) kita isi dengan tafsiran buku yang biasanya adalah fungsi dari benda tersebut yaitu sebagai alat menulis.



Begitulah kisah singkat kehidupan buku tulis kesayangan saya yang malah diterapkan dalam semiotika. Tidak hanya Buku Tulis ini, saya yakin ada banyak lagi hal lainnya dalam kehidupan sehari – hari kita yang bisa menjadi “petanda” atau “penanda”. Cukup sekian yang bisa saya sampaikan,


Burung dara burung cenderawasih

Cari dulu di Papua

Cukup sekian terima kasih

Semoga bermanfaat untuk semua....











Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS SEMIOTIKA DAN RIVIEW 20 JURNAL IKLAN

MITOS, METAFORA, METONIMI DALAM SEBUAH "IKLAN MARJAN"

Mitos lagu Dere-Kota